Wednesday, September 10, 2014

Gosip

Saya dan dua orang teman sedang duduk-duduk di depan ruang akademik kampus yang makin sepi. Kebetulan di deket kami ada beberapa mahasiswa yang keliatan seru banget bergosip dan saling menimpali dengan penuh semangat. Saya ga tau juga gosipin apa, soalnya waktu itu lagi berusaha fokus melamun.

Kalo dilihat-lihat lagi, mungkin harusnya kebutuhan pokok manusia zaman sekarang ada empat: sandang, pangan, papan, dan gosip. Manusia ga pernah lepas dari gosip. Dari topik yang menyangkut nyawa sampe yang paling absurd sekalipun, selama itu masih rumor, selalu seru untuk dibahas—apalagi kalo menyangkut orang yang kebetulan lagi disebelin. Saya sampe punya satu temen yang entah bagaimana tau semua gosip di kampus. Tiap ada dia, pasti ada topik baru yang menarik. Mungkin itu jadi pendorong saya betah lama-lama di kampus, supaya dapet gosip baru.
Saya sendiri juga suka bergosip. Saya tau dan sadar kalo bergosip itu ga baik, tapi ibarat naik wahana halilintar, sensasinya itu adiktif. Sekalinya ikut, pasti akan susah berhenti. Selain itu, menurut saya itu jauh lebih baik dilakukan kalo lagi kumpul-kumpul daripada sibuk dengan ponsel masing-masing.

Sekarang saya udah masuk semester lima. Muka-muka yang saya kenal akrab makin jarang keliatan karena pekerjaan dan jadwal kuliah yang berbeda sesuai mayornya masing-masing, sehingga alhasil frekuensi kami ngumpul makin menurun. Betul juga kata seorang senior tempo hari: tiap orang bakal menemui kesibukannya sendiri. Dan yang pasti, saya bakalan kangen banget bergosip dengan mereka.